Selasa, 28 Mei 2013

Sejarah Fashion

Fashion adalah suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau adat tertentu. Fashion bisa juga disebut sebagai strata pembagian kelas, status, pekerjaan dan kebutuhan untuk menyeragamkan suatu pakaian yang sedang tren, gaya hidup dan merek.
Di bawah ini adalah daftar sejarah fashion dari yang paling tua sampai sekarang:
Medi Eval (Sekitar Tahun 1000):


Sekitar tahun 1000-an, pakaian yang sedang nge-tren pada masa itu adalah pakaian dengan bahan kulit atau katun yang tebal.
Elisabethan (Eropa Abad 16):

Pada masa ini gaya pakaian yang sedang terkenal adalah model pakaian dengan gaya Classical Eropa Abad 16 terlihat memiliki baju yang besar dan “Tidak Minimalis”, dan tentu saja pada jaman ini semua model pakaian sangat sopan.
1910an (Start Modern):

Model pakaian seperti ini adalah permulaan model pakaian modern yang ada sampai sekarang, sampai sekarang pun masih ada yang menggunakannya. Trendy simple yet Beautifull Dress, baju busana yang simple, dengan topi bundar untuk perempuan. Kemeja sangat populer sebagai tampilan resmi. Kemeja dan setelan jas tentunya. Pria dengan model topi baret dan model jas juga sudah ada.
1940 – 1950




1940-1950 merupakan Jaman Perang Dunia dan Perang Dingin.
Masa-masa classical bagi tahun 2009, saat dimana Fashion dan photo mulai marak. Baju Busana yang berkerah bundar lebar atau dengan baju luar sudah mulai populer. Model Pria masih sama dengan 1920an, sopan dan dengan topi dan jas.
1970 – 1980



Masa ini adalah tahun-tahun fashion paling terkenal. Madonna pada tahun 80an, Elvis Presley di tahun 70an. Sudah ada model “Busana Gothic”. Jeans sudah mulai populer.
1990 – sekarang


Model pakaian di setiap negara sudah berbeda-beda. Untuk wanita, sudah bertolak belakang dengan masa Elisabethan, dimana kebanyakan pakaian menggunakan tema Sexy atau Glamour, sudah mulai memperlihatkan bagian-bagian tubuh, seakan-akan pakaian bagian dalam dan bagian luar sudah tidak ada bedanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar