Selasa, 28 Mei 2013

Jenis Jenis Dress Code


Saya yakin, anda adalah pria yang menarik bagi banyak wanita. Tapi gak semua orang akan tertarik kepada anda, jika anda tidak bisa memanfaatkan situasi yang ada, semisal pakaian.
Sebelum mencoba fashion, alangkah baiknya, anda-anda – calon ayah, yang akan mencari wanita memahami apa arti dress code. Karena, tanpa disadari, pemahaman ini sangat diperlukan jika anda sedang berada di suatu tempat untuk acara yang berbeda.
Ada tiga tipe dress code yang udah familiar ditelinga banyak orang saat ini. Mulai dari yang namanay kasual, semi-formal dan formal.
Jenis pertama, kasual adalah pakaian santai untuk situasi tidak resmi. Pakaian kasual biasa terdiri atas kaos T-shirt berkerah atau yang tidak berkerah, celana jins atau celana gunung, sepatu kets, dan sebagainya.
Terkadang kegiatan-kegiatan untuk mengisih liburan, seperti family gathering atau outbout training mensyaratkan pakaian kasual seperti ini.

Jenis kedua, semiformal yaitu pakaian yang sebenarnya resmi, tetapi terkesan santai dan lebih dinamis. Pakaian ini untuk pria bisa terdiri atas celana panjang katun, kemeja ( biasanya lengan pendek ) dengan motif garis atau polos ( warna lebih dinamis ),
Untuk wanita bisa terdiri atas blus,blazer,skirt (rok ), atau gaun kasual. Terkadang,jenis pakaian batik yang kini modenya sudah mengikuti tren yang ada dapat di golongkan pada pakaian semiformal.

Jenis ketiga, formal,yaitu pakaian resmi yang kini kita dapat lihat hanya dalam forum-forum atau pertemuan-pertemuan resmi dengan pejabat tinggi dalam suatu perusahaan. Seorang wanita dapat memadukan jas dengan skirt atau celana panjang dan blus yang sesuai serta sepatu yang bertumit tinggi. Untuk acara-acara kenegaraan, biasanya wanita Indonesia menggunakan kebaya atau baju muslim lengkap dengan jilbab.
Lelaki dapat memakai jas atau blazer yang sesuai berwarna gelap ( hitam atau biru ), kemeja lengan panjang dengan warna polos atau lembut, dasi,ikat pinggang sewarna dengan sepatu, kaus kaki, dan sepatu resmi dari bahan kulit. Apabila acara formal lebih bernuansa tradisional, dapat di pilih batik berlengan panjang dengan berbagai pilihan motif. 
Dalam forum-forum resmi, sebaiknya Anda tidak memilih warna maupun corak pakaian yang mencolok, apalagi pada pagi atau siang hari. Kita mengenal warna-warna korporat untuk acara resmi, seperti hitam dan putih, biru tua,coklat tua atau coklat muda, krim dan abu-abu. Hindari warna terang, seperti merah menyala, ungu, hijau, atau kuning terang. Kekecualian-nya jika Anda memang harus menghadiri pertemuan dengan parpol-parpol yang umumnya mengusung warna tertentu, seperti kuning untuk Golkar, oranye untuk Hanura, merah untuk PDIP, atau biru untuk PAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar