Selasa, 28 Mei 2013

Busana Casual



Busana casual atau santai adalah busana yang dipakai pada waktu santai atau rekreasi. Busana santai banyak jenisnya, hal ini  disesuaikan dengan tempat dimana kita melakukan kegiatan santai atau rekreasi tersebut. Busana casual ini lebih menekankankenyamanan dan ekspresi pribadi atas presentasi dan keseragaman berpakaian seseorang yang termasuk di dalamnya yakni jeans, kaos dll.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih busana santai diantaranya yaitu :
a).  Pilihlah desain yang praktis dan sesuaikan dengan tempat bersantai. Jika santai di rumah pilihlah model yang agak longgar, bila santai kepantai pilih model leher yang agak terbuka agar tidak panas, jika santai kegunung pilihlah model yang agak tertutup agar udara dingin dapat diatasi.
b)  Pilihlah bahan yang kuat dan mengisap keringat.
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mode busana juga berkembang dengan pesat, walaupun kadang kala mode tersebut tidak sesuai dengan tata cara berbusana yang baik, namun mode tetap bergulir dari waktu ke waktu.
PERKEMBANGAN
Istilah casual atau santai muncul pertama kali pada tahun 80-an, dimana Casual itu sendiri menunjukkan kesuksesan dan kekayaan pribadi yang lahir bersamaan dengan diangkatnya Margaret Thatcher menjadi perdana menteri Inggris, sehingga banyak yang menyebut gaya ini Thatcherism.
Gaya casual adalah penyempurnaan gaya sportif yang menjadikannya lebih rapi dan trendi. Karakteristik casual memakai baju-baju dengan label kelas atas, contohnya Lacoste, Lois and Burberry, Adidas. Vest dan jaket track suit juga sangat digemari dan jadi khas gaya mereka.
Sebagai contoh kostum  utilitarian  merupakan konsep  pertama kali yang muncul dari perpaduan pakaian  kasual, . Punk kostum adalah contoh yang mencolok. Madonna memperkenalkan contoh kostum punk dengan banyak renda , perhiasan , dan kosmetikke dalam pakaian kasual selama tahun 1980.
Pada era sekarang, zaman millenium, busana casual berkembang sangat pesat tidak hanya terbatas pada busana kelas atas tetapi juga busana-busana yang sudah umum di masyarakat dimana fashion sudah membaur dan menyatu. Artinya tidak ada lagi batasan untuk bilang bahwa suatu rancangan baju sudah sesuai dengan fashion atau tidak.
Di indonesia, baju koko dan batik merupakan contoh baju casual yang klasik dan trendi, meskipun pada awalnya hanya di pakai pada saat acara keagamaan maupun acara-acara khusus.
Pada akhirnya Busana casual sudah mampu di terima masyarakat dalam situasi apapun baik dalam semi kasual maupun semi formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar